Studi Lanjut Sebagai Pendukung Revitalisasi Pendidikan Vokasi

Revitalisasi pendidikan vokasi dilakukan untuk menyiapkan tenaga kerja yang berdaya saing, terampil, bermutu, dan relevan dengan tuntutan dunia kerja yang terus berkembang. “Revitalisasi pendidikan vokasi diproyeksikan untuk menyiapkan tambahan 58 juta tenaga kerja dengan keterampilan Abad ke-21 pada kurun 15 tahun mendatang” buka Prof. Dr. Putu Sudira, MP dihadapan Kepala Dinas Prov. Bangka Belitung dan jajaran. Putu memaparkan materi Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi di atas yang pada intinya pentingnya peningkatan kualifikasi S2 bagi guru dan staf Dinas Pendidikan serta program pendampingan pengembangan mutu SMK dan pengembangan wilayah Bangka Belitung oleh Dosen-dosen Prodi PTK.

Dalam hal ini Kepala Dinas Pendidikan Prov. Bangka Belitung sangat mendukung dan mengapresiasi Program RPL S2 PTK Kelas Wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan meneruskan agar mengadakan pertemuan dengan Kepala-kepala SMK dan Guru-guru yang berminat melanjutkan Studi S2, khususnya Program RPL.

Pertemuan yang dilaksanakan di SMKN 2 Pangkalpinang, dihadiri oleh Kepala Bidang Pembinaan SMK dan Kepala Bidang Guru dan Tendik, Kepala SMKN 2 Pangkalpinang. Pada kesempatan ini 40 peserta hadir luring dan 7 orang secara daring. Informasi program RPL selanjutnya diteruskan oleh Kepala Sekolah masing-masing kepada guru-guru. Dijelaskan bagaimana proses penyiapan dokumen portofolio untuk mendapatkan pengakuan SKS setelah diases oleh asessor. Proses pengajuan persyaratan ijin belajar ke BKD dijelaskan oleh Ibu Al Fisyah SE. Selaku kepala bidang Guru dan tenaga pendidik. (putu/ant)

.