You are here
Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si.

NIP:
196803071993031001
E-mail Dosen:
Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si.
Program_Studi3:
ORCID ID:
SCOPUS ID:
SINTA ID:
Google Scholar:
Bidang Keahlian:
Pengukuran, Penilain dan Evaluasi Pendidikan (Fisika).
Profil Singkat:
Prof. Dr. Edi Istiyono, M.Si, meraih gelar Doktor dalam bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan dari Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2014. Profesor dalam bidang Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pembelajaran (Fisika) sejak 2019. Memenangkan berbagai hibah penelitian tingkat nasional. Menulis beberapa buku, mengisi di berbagai forum ilmiah dan menulis artikel di berbagai prosdiding dan jurnal nasional dan inetrnasional bereputasi berkaitan dengan: (1) pengembangan instrumen afektif, kognitif, psikomotor untuk : (a) diagnostik dan (b) hasil belajar; (2)pengembangan instrumen evaluasi program dan kebijakan dalam Pendidikan; (3) pengukuran hasil belajar: (a) afektif, (b) kognitif, (c) psikomotor; (4) pengembangan model penilaian; (5) evaluasi program dan kebijakan dalam Pendidikan; (6) pengembangan instrumen pengukuran kognitif dengan computer based test; (7) pengembangan instrumen pengukuran kognitif dengan computer adaptive test; (8) pengembangan tes diagnostik berbentuk two-tier, three-tier, fout-tier degan CBT; dan (9) pengembangan perangkat pembelajaran Fisika berbasis kearifan lokal.
Pengajaran:
-
Analisis Faktor (S3 PEP)
-
Konstruksi Instrumen (S2, S3 PEP)
-
Penilaian Kelas (S3, S2 PEP)
-
Desain dan Analisis Eksperimen (S2 PEP)
-
Metode Penelitian Pendidikan (S2 P Fisika)
-
Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Fisika (S2 P Fisika)
-
Teori Respon Butir (S1, S2 Pend Fisika dan S2 PEP)
-
Instrumen Non Kognitif (S2 PEP)
-
Penilaian Pembelajaran Fisika (S1 Fisika)
-
Teori dan Teknik Pengukuran Pendidikan (S1 Fisika)
Penelitian:
Tahun 2020
-
Pengembangan Physics Representation Test (PRT) untuk Mengukur Kemampuan Representasi Verbal dan Gambar Peserta Didik SMA
(Sumber Pendanaan: Tesis Mgsiter DRPM) -
Pengembangan Computer Based Test (CBT) untuk Mengukur Kemampuan Representasi Matematis dan Representasi Grafik Fisika Peserta Didik SMA (Sumber Pendanaan: Tesis Mgsiter DRPM)
-
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Gambar
(Sumber Pendanaan: Tesis Mgsiter DRPM) -
Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Kapal Boti Berbantuan android Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Grafik peserta didik SMA
(Sumber Pendanaan: Tesis Mgsiter DRPM) -
Evaluation of Elementary School Students’ Character Assessment in Learning in Indonesia and Malaysia
(Sumber Pendanaan: Penelitian Kerjasama Luar Negeri) -
Evaluation of Learning in Elementary School: Integration of Character Value in Students
(Sumber Pendanaan: Penelitian Kerjasama Luar Negeri)
Tahun 2021
-
KLINIK FISKA Berbasis Computer Based Four Tier Diagnostic Test (CBDT Physics Clinic) Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Fisika
(Sumber Pendanaan: Penelitian Terapan Unggulan PT DRPM) -
Evaluation of Learning Achievement assessment of The 21st Century Elementary Student in Indonesia and Malaysia(2021)
(Sumber Pendanaan: Penelitian Kerjasama Luar Negeri) -
Pengembangan Mobile Assesing (M- assesing) Berbasis Teori Tes Modern untuk Menilai Higher Order Thingking (HOTs) Fisika Mahasiswa
(Sumber Pendanaan: PDD DRPM) -
Pengembangan Model Penilaian HOTS Fisika Calon Guru Berbasis CBT (2021)
(Sumber Pendanaan: PDD DRPM) -
Model Penilaian Karakter Peserta Didik Berbasis Komputer di sekolah Menengah Atas
(Sumber Pendanaan: PDD DRPM) -
Pengembangan Three Tier Diagnostic Test Untuk Keterampilan Abad ke-21 pada Pembelajaran Fisika SMA
(Sumber Pendanaan: DIPA Pascasarjana) -
Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Test Berbasis Multi Representasi untuk mengidentifikasi Kemampuan Representasi Fisika
(Sumber Pendanaan: Research Group) -
Kajian Praktik Keendidikan (PK) UNY Tahun 2021
(Sumber Pendanaan: DIPA UNY)
Tahun 2022
-
KLINIK FISIKA Berbasis Computer Based Four Tier Diagnostic Test (CBDT Physics Clinic) Untuk Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Fisika (Sumber Pendanaan: Penelitian Terapan Unggulan PT)
-
Assessment of Character Strengthening of 4C's Learning Outcomes in Elementary Schools in Indonesia and Malaysia
(Sumber Pendanaan: Penelitian Kerjasama Luar Negeri) -
Pengembangan Mobile Assesing (M- assesing) Berbasis Teori Tes Modern untuk Menilai Higher Order Thingking (HOTs)
(Sumber Pendanaan: PDD DRPM Th ke-2) -
Pengembangan Model Penilaian HOTS Fisika Calon Guru Berbasis CBT (2021) (Sumber Pendanaan: PDD DRPM Th ke-2)
-
Asesmen Diagnostik Berbasis Blended Learning untuk Kebutuhan Belajar Matemaika Siswa Sekolah Dasar
(Sumber Pendanaan: PDD DRPM Th ke-1) -
Pengembangan Instrumen Penilaian Fisika berbasis Socioscientific Issues untuk Mengukur Kemampuan Literasi Ilmiah
(Sumber Pendanaan:Research Group) -
Pengembangan Model Asesmen Kinerja pada Ujian Sekolah Jenjang Sekolah Dasar Berbasis Tematik
(Sumber Pendanaan: Bidang Ilmu DIPA Pascasarjana) -
Pengembangan Instrumen Penilaian Formatif yang Adaptif Menggunakan Edpuzzle untuk Menunjang Physics Blended Learning
(Sumber Pendanaan:PUPT DIPA LPPM)
Publikasi:
Artikel Ilmiah dalam Jurnal
-
The development of the HOTS test of physics based on modern test theory: Question Modeling through e-learning of Moodle LMS
DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2021.1 -
aliditas dan Reliabilitas Konstruk Instrumen Skala Sikap Siswa Terhadap Fisika Dengan Analisis Faktor Konfirmatori
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um058v6i1p% 25p -
Analysis of Items Parameters on Work and Energy Subtest Using Item Response Theory
DOI: http://dx.d oi.org/10.23960/ jpmipa/v22i1.pp 1-9 -
Construction of the Character Assessment Instrument for 21st Century Students in High Schools
DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.11.2.935 -
The quality of test on National Examination of Natural science in the level of elementary school
DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v11i2.22233 -
The effectiveness of learning to improve students' higher-order thinking skills DOI: https://doi.org/10.18844/cjes.v17i5.7220
-
An analysis of item response theory using program R DOI: https://doi.org/10.24042/ajpm.v13i1.11252
-
Iplementasi Pembelajaran Berbasis Projek terhadap Hasil Belajar di Sekolah Menengah dan Perguruan Tingi: Meta Analisis
DOI: https://doi.org/10. 31764/orbita.v8i1.8823
Artikel dalam Prosiding (Oral Presentation)
- The 7th International Seminar on Science Education (ISSE) "An Eight-category Partial Credit Model as Very Appropriate for Four-Tier Diagnostic Test Scoring in Physics Learning" (FMIPA UNY, 2021)
- 13th International Conference on E- Education, E-Business, E-Management, and E- Learning (IC4E) "Evaluating Student Computational Thinking Skills in Physics Experimental Class" (Waseda University, 2021)
- The 5th International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021) Developing a Critical Thinking Test in Social Science for Grade V Elementary School
DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k. 220129.040 - Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2021) "Technology Literacy in the Development of Mathematics Learning in Indonesia During the Covid-19 Pandemic" DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k. 220129.025
- 1st World Conference on Social and Humanities Research (W-SHARE 2021) "Validating Perceived ICT Literacy Scale for Senior High School"
DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220402.018
Karya Buku
-
Tahun 2021
-
Panduan Pengembangan Dan Penerapan CBT Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Majemuk (PhysTeMultiRep-CBT): Contoh Materi Fisika X SMA/MA. Penerbit: UNY Press
-
Panduan Pengembangan dan Penggunaan Tes Diagnostik Empat Lapis (FTDT): Contoh Materi Fisika Kelas X SMA/MA. Penerbit: UNY Press
Perolehan HKI
- Tahun 2021
- Buku
- Panduan Pengembangan Dan Penerapan CBT Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Majemuk (PhysTeMultiRep-CBT)
Nomor P/ID: EC00202107775/000234667 - Panduan Pengembangan dan Penggunaan Tes Diagnostik Empat Lapis (FTDT): Contoh Materi Fisika Kelas X SMA/MA
Nomor P/ID: EC00202157513/000282341
- Panduan Pengembangan Dan Penerapan CBT Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Majemuk (PhysTeMultiRep-CBT)
- Program Komputer
- PhysTeMultiRep-CBT: Tes Kemampuan Representasi Majemuk Fisika Dengan Computer Based Test
Nomor P/ID: EC00202101030/00231491
- PhysTeMultiRep-CBT: Tes Kemampuan Representasi Majemuk Fisika Dengan Computer Based Test
- Buku
Profil Lengkap:
SEKOLAH PASCASARJANA UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326 Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
Copyright © 2025,