Kunjungan Benchmarking Pembelajaran Jarak Jauh Pascasarjana UNIMED ke SPs UNY

Kamis, 11 Desember 2025, Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (SPs UNY) menerima kunjungan benchmarking dari Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED) di Ruang Aula. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi sekaligus bertukar pengalaman mengenai implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Acara dibuka dengan ucapan selamat datang dari Direktur Sekolah Pascasarjana UNY, Prof. Dr. Siswantoyo, M.Kes., AIFO. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi atas kunjungan rombongan UNIMED dan berharap sesi diskusi dapat berlangsung aktif serta memberikan manfaat bagi kedua institusi dalam mengembangkan tata kelola PJJ.

Selanjutnya, Direktur Pascasarjana UNIMED, Prof. Dr. Budi Valianto, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari SPs UNY. Beliau kemudian memperkenalkan tim Pascasarjana UNIMED yang hadir dan menjelaskan fokus utama benchmarking, yakni bagaimana UNY merespons Permen 39, pengelolaan mahasiswa angkatan 2024 dan 2025, pengaturan beban SKS, serta strategi SPs UNY dalam menyiasati tantangan implementasi program pembelajaran jarak jauh.

Acara berlanjut dengan paparan komprehensif dari Direktur SPs UNY mengenai penyelenggaraan PJJ, mulai dari landasan regulasi, desain kurikulum, mekanisme pembelajaran, hingga dukungan sistem serta pemanfaatan teknologi digital dalam memastikan kualitas layanan akademik.

Sesi diskusi berlangsung interaktif. Pembahasan kurikulum dan penjaminan mutu menjadi sorotan utama. Koordinator Program Studi S-3, Prof. Dr. Edy Supriyadi memberikan tanggapan terkait pengembangan kurikulum adaptif yang tetap menjaga integritas akademik. Sementara itu, Koordinator Penjaminan Mutu, Dr. Widowati Pusporini merespons pertanyaan mengenai strategi quality assurance, proses monitoring, dan evaluasi berkelanjutan dalam penyelenggaraan PJJ.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan, dilakukan penandatanganan Implementasi Agreement (IA) sebagai bentuk komitmen kerja sama antara kedua lembaga dalam pengembangan pendidikan pascasarjana.