You are here
Prodi IP SPs UNY Bahas Deep Learning dalam Pendidikan
Yogyakarta, (27/2) Program Studi Ilmu Pendidikan Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (Prodi IP SPs UNY) menggelar webinar bertema "Deep Learning dalam Pendidikan: Pendekatan Berkesadaran, Bermakna, dan Menggembirakan." Acara ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Prof. Suyanto, Ph.D., Dr. Didik Wardaya, S.E., M.Pd. dan Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd. yang membahas strategi pembelajaran mendalam dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Prof. Suyanto menyoroti permasalahan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk rendahnya literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir kritis peserta didik, sebagaimana tercermin dalam hasil PISA 2022. Ia menekankan bahwa pembelajaran mendalam (deep learning) harus mindful, meaningful, dan joyful, dengan prinsip Kesadaran belajar peserta didik, keterkaitan materi dengan kehidupan nyata, proses belajar yang positif dan memotivasi.
Implementasi deep learning meliputi perencanaan, pelaksanaan berbasis pengalaman nyata, serta asesmen berbasis refleksi mendalam guna membentuk lulusan yang beriman, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif.
Dr. Didik Wardaya menguraikan bahwa pendidikan nasional bertujuan membangun peradaban bangsa yang bermartabat sesuai UU No. 20 Tahun 2003. Dalam konteks budaya, pendidikan adalah proses mengasah kecerdasan akal budi demi kehidupan lebih sejahtera.
Konsep deep learning harus mengacu pada nilai-nilai budaya serta memadukan olah pikir, hati, rasa, dan raga. Implementasi di sekolah perlu memperhatikan regulasi yang mendukung, pemanfaatan teknologi digital, serta lingkungan pembelajaran yang nyaman dan bebas perundungan. Strategi utamanya meliputi pemanfaatan Guru Penggerak sebagai mentor, diskusi rutin untuk refleksi dan pengembangan, penguatan kegiatan sosial untuk menumbuhkan empati, penyusunan tim implementasi di sekolah.
Prof. Anik Ghufron meninjau deep learning dari perspektif ilmu pendidikan, mencerminkan berbagai teori yaitu Humanistik: Memuliakan peserta didik, Kritis: Mendorong kesadaran berpikir, Holistik Mengintegrasikan aspek intelektual, etika, estetika, dan kinestetik, Inklusif: Menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, Progresif: Berorientasi pada perkembangan.
Dengan transformasi pendidikan menuju Smart Education 4.0, deep learning diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang adaptif, inovatif, dan berbasis pembelajaran sepanjang hayat. Webinar ini menegaskan bahwa deep learning yang mindful, meaningful, dan joyful merupakan solusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Para peserta diharapkan dapat menerapkan prinsip-prinsip ini guna menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan inspiratif. (sef/ant)
.

SEKOLAH PASCASARJANA UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326 Email: pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Website : http://sps.uny.ac.id
Copyright © 2025,