Pedagogi, Prospek dan Tantangannya

Pedagogi mengacu pada teori dan praktik pengajaran dan pembelajaran (TnL). Ini mencakup metode, strategi, dan pendekatan yang digunakan oleh pendidik untuk memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. “Pedagogi melibatkan pemahaman bagaimana siswa belajar dan menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan mereka. Ini mencakup berbagai aspek, termasuk desain kurikulum, perencanaan pelajaran, teknik instruksional, pengelolaan kelas, dan penilaian”. Buka Dr Azni Yati Kamaruddin Kepala Departemen Yayasan Pendidikan Dan Kemanusiaan, Fakultas Pendidikan Universiti Malaya dalam Academic Discussion Prodi Ilmu Pendidikan SPs UNY

Pendekatan pedagogis dapat bervariasi tergantung pada filosofi pendidikan, konteks budaya, bidang studi, dan usia dan tahap perkembangan peserta didik. Pedagogi adalah kerangka komprehensif yang memandu pendidik dalam praktik instruksional mereka, yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan bermakna bagi siswa.

Istilah "pedagogi baru" adalah referensi umum untuk pendekatan pedagogis yang muncul atau inovatif yang berbeda dari atau di luar metode pengajaran dan pembelajaran konvensional. Pedagogi baru sering bertujuan untuk mengatasi keterbatasan pendekatan tradisional dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan peserta didik di abad ke-21.

Meskipun tidak ada istilah atau label tunggal khusus yang mencakup semua pendekatan pedagogis baru, beberapa istilah dan konsep umum yang terkait dengan metode pengajaran dan pembelajaran inovatif meliputi: Pedagogi progresif, Pedagogi Konstruktivis, Pembelajaran Berbasis Inkuiri, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Eksperiensial, dan Pembelajaran yang Dipersonalisasi.

Dalam acara yang diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa Prodi IP ini, Azni Yati menjelaskan bahwa Trend Pedagogy saat ini antara lain Flipped Classroom, Gamifikasi, Design Thinking, Pembelajaran Sosial dan Emosional (SEL) dan Pedagogi yang Responsif Secara Budaya, Pendidikan Berbasis Tempat Pembelajaran Adaptif.

Masa depan pedagogi dengan kecerdasan buatan (AI) memiliki potensi signifikan untuk mengubah cara penyampaian dan pengalaman pendidikan. Beberapa potensi manfaat AI dengan pedagogi yaitu Pembelajaran yang Dipersonalisasi, Sistem Bimbingan Cerdas, Penilaian dan Umpan Balik yang Disempurnakan, Pembuatan Konten Cerdas, Kolaborasi dan Dukungan untuk Guru. (ant)

.