Pelatihan Aplikasi Mendeley “Strategi Menulis Pintar Zaman Now”

Mendeley ini merupakan salah satu aplikasi wajib buat para mahasiswa, khususnya bagi mereka yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi dan tesis. Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan bantuan aplikasi ini, kamu tidak akan lagi kesulitan dalam membuat sitase. Kamu masih pakai cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka. Namun untuk mahasiswa S1 itu tidak banyak yang mengenal Mendeley ini begitu juga dengan manfaat-manfaat dari Mendeley tersebut.

Dengan kondisi tersebut keluarga mahasiswa Pascasarjana (KMP) menghadirkan pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dengan tema” Strategi Menulis Pintar Zaman Now”. Pada tanggal 31 Oktober 2020 pukul 08.00 – 11.00 WIB melalui Zoom Meeting dan penayangan live di kanal youtube “kmp.uny.official”. Ade Agus Gunawan sebagai ketua pelaksana menyampaikan saat kata sambutan bahwa penting dan bergunanya aplikasi Mendeley ini untuk dalam penulisan salah satu yang dirasakannya yakni dalam pembuatan daftar pustaka, dengan aplikasi ini kita tak perlu manual lagi dalam membuat daftar pustaka. Ade juga menyampaikan untuk peserta yang telah mendaftar untuk mengikuti pelatihan Mendeley ini sudah mencapai 500 peserta. Ini sangat terlihat betapa antusiasnya mereka untuk mengetahui penggunaan dan pemanfaatan mendeley tersebut.

Pelatihan ini merupakan salah satu kebutuhan dari mahasiswa pascasarjana untuk menulis tesis dan menjadikan sebagai salah satu penyimpanan referensi tesis, ini disampaikan langsung oleh ktua Umum KMP UNY 2020 Rudi Hermawan, S.Pd. Dan juga Kegiatan ini dibuka langsung oleh Prof. Dr. Suyanta, M.Si. selaku Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Pada kata sambutannya Suyanta menyampaikan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu kebutuhan mahasswa dalam membantu penulisan.

Untuk pemateri yang mengisi pada kegiatan ini ialah Choirul Amri, S.Pd. Gr. Pelatihan aplikasi Mendeley ini berlangsung sekitar 2 jam yang mana pemateri menyampaikan terlebih dahulu sejarah dari Mendeley itu sendiri, kemudian dilanjut dengan pemaparan materi yang berisi manfaat- manfaat Mendeley, dan yang terakhir yakni pembuatan akun mendeley serta praktek langsung dalam penggunaanya diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan dan permasalahan-permasalahan yang di alami oleh peserta dengan di bantu oleh moderator Neni Aristya Sukmawati, S.Pd.

Pelatihan ini mendapat apresiasi yang baik dari peserta terlihat dari hasil survei yang puas dan menilai pelatihan ini sangat bermanfaat. Sehingga harapan dari panitia peserta dapat menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan dalam proses penulisan. (kmp/ant)

.