Employment Issue in Global Perspective 2022

Kegiatan kuliah umum dengan tema Education System in Germany dengan narasumber adalah Prof. Dr. phil. Steffen Kresten dari Technicshe Universitat Dresden, Jerman. Kegiatan ini di ikuti oleh 35 peserta dengan mode blended learning (luring terbatas berada di lantai 3 Gedung Pascasarajana Sugeng Mardiyono dan daring dengan menggunakan platform zoom meeting).

Pada kegiatan ini Prof. Dr. phil. Steffen Kersten menyampaikan bahwa perkembangan dunia pendidikan sangatlah cepat. Jerman menerapkan 3 sistem pendidikan yaitu pendidkan umum/general education, pendidikan kejuruan/vocational education, dan pendidikan engineering/engineering education. Setiap tahun, Universitas di Jerman hanya meluluskan maksimal 22 mahasiswa kejuruan, tidak boleh lebih dari itu. hal ini untuk menjaga kualitas.

Sebagaimana diketahui, salah satu kekuatan perekonomian Jerman selama ini terletak pada industri/usaha ukuran kecil dan menengah yang kuat dengan ditopang ketersediaan tenaga kerja terampil dalam jumlah dan kualitas yang cukup, merata dan terstandarisasi di seluruh Jerman. Hal ini dapat dicapai secara berkesinambungan karena didukung sistem ganda vokasi (duales system) yang diimplementasikan secara nasional dan merupakan cerita sukses Jerman sekaligus landasan perekonomian Jerman yang solid. (fara/ant)

.