Studi Banding KMP UNY ke 7 HMP di Pulau Jawa via Daring

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) 2021 melakukan studi banding ke beberapa kampus di pulau Jawa. Rangkaian studi banding dimulai tanggal 24 Maret dan berakhir 3 April 2021. Adapun organisasi mahasiswa yang menjadi tujuan meliputi Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia (HMP UI), Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Farmasi Institut Teknologi Bandung (HMPF ITB), Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Diponegoro (HMP UNDIP), Ikatan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (IKMP UIN SUKA), Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Universitas Gajah Mada (HMP UGM), Universitas Brawijaya (UB), dan Himpunan Mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (HIMASEPA UNAIR).

Pertemuan antara KMP UNY dan tujuh kampus berbeda berlangsung secara daring (dalam jaringan) dengan rata-rata durasi setiap pertemuan 3 jam. Tujuan studi banding ini yaitu membangun silaturahmi antar mahasiswa program Magister dan Doktoral di berbagai kampus, sharing program kerja, dan sebagai cikal bakal terjalinnya kerjasama antar organisasi mahasiswa Magister dan Doktoral lintas universitas. Kegiatan ini mendapat apresiasi serta sambutan yang positif dari ketua maupun anggota himpunan mahasiswa pascasarjana dari tujuh kampus berbeda.

Pada mulanya, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan gambaran kepada KMP UNY mengenai bentuk HMP tingkat universitas dan fakultas di universitas lain, dikarenakan saat ini organisasi mahasiswa di program Magister dan Doktoral UNY mengalami masa peralihan dari tingkat universitas menuju ke tingkat fakultas. Namun, pada pelaksanaannya selain mendapat gambaran dari HMP universitas lain, kegiatan ini justru semakin meluaskan jaringan KMP UNY. Acara yang berlangsung terbatas ini bahkan memiliki rencana untuk kembali mengadakan pertemuan bersama tujuh HMP untuk membahas keanggotaan di HMPI (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Indonesia). (kmp/lnh/ant)