Diskusi Percepatan Study: Penulisan Artikel untuk Publikasi Jurnal

Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (KMP UNY) 2021 menggelar diskusi percepatan studi untuk semua mahasiswa Pascasarjana UNY dan mahasiswa luar UNY. Diskusi yang dilaksanakan virtual tersebut menghadirkan narasumber dari Fakultas Teknik UNY, Ibnu Siswanto, Ph.D. Ibnu menyampaikan mengenai teknik menulis artikel sehingga bisa sampai pada tahap publikasi.

Ibnu Siswanto menjelaskna ada beberapa tahap yang harus dilewati sebelum tulisan kita bisa benar-benar dipublikasikan di jurnal ilmiah. Tahap pertama adalah menemukan jurnal yang cocok untuk kita, perlu menyesuaikan jurnal yang menjadi tujuan kita dengan latar belakang atau tema tulisan ilmiah yang akan kita publikasikan. Jangan sampai kita “salah alamat” dalam mempublikasikan tulisan kita. Setelah menemukan jurnal yang cocok, tahap selanjutnya adalah menentukan level jurnal yang akan kita pilih. Terdapat beberapa level jurnal ilmiah, seperti level internasional dan level nasional.

Kegiatan diskusi yang diselenggarkan oleh KMP UNY ini mendapat respon positif bagi para mahasiswa. Diskusi yang diikuti oleh 65 mahasiswa ini sekaligus bertujuan untuk mengajak mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengikuti organisasi. Oleh karena itu, untuk menarik minat mahasiswa diadakan kegiatan bertema Diskusi Percepatan Study: Penulisan Artikel untuk Publikasi Jurnal. Tema tersebut sangat cocok dengan keadaan mahasiswa Pascasarjana yang menjadikan salah satu syarat lulusnya yaitu harus publish jurnal ke Sinta 2. (kmp/er/ant)

.