WCS#3: Riset Sosial Media: Big Data dan Analisis Kualitatif

Academic writing merupakan salah satu kewajiban yang perlu dipenuhi oleh mahasiswa Pascasarjana. Untuk memfasilitasi mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta dalam memenuhi tugas dan tanggung jawab tersebut, Bidang Penelitian dan Pengembangan Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) mengadakan serangkaian webinar guna mengoptimalisasi kemampuan mahasiswa pascasarjana secara khusus dalam penulisan artikel ilmiah. Kegiatan ini dinamakan “The Writing Clinic Series” atau disingkat WCS. Kegiatan WCS dilakukan dalam bentuk webinar dan diharapkan dapat memberikan output yang nyata dan bermanfaat bagi mahasiswa pascasarjana secara khusus dan mahasiswa pada umumnya.

The Writing Clinic Series dilakukan dalam tiga seri. Seri yang terakhir dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Oktober 2021 pukul 08.00-12.00 WIB. Kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Direktur Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Anik Ghufron, M.Pd dan Pendamping Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Prof. Dr. Dimyati, M.Si.

Tema yang dibahas dalam Writing Clinic Seri 3 adalah Strategi Riset Sosial Media: Big Data Dan Analisis Kualitatif yang dilakukan Menggunakan Atlas.TI. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Caly Setiawan, Ph.D. Beliau adalah seorang professional certified Atlas.TI trainer dan sangat berkompenten dalam penelitian kualitatif. Pemaparan materi oleh narasumber dilakukan dalam bentuk sharing alumni/mahasiswa yang melakukan penelitian menggunakan big data dan riset sosial media, simulasi pengumpulan data sosial media dan memanfaatkan big data, pengolahan data menggunakan atlas.ti serta interpretasi hasil analisis dalam bentuk artikel ilmiah.

Writing Clinic Seri 3 berlangsung dengan lancar dan diikuti oleh 140 peserta; yang terdiri dari mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta maupun mahasiswa di luar Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Para peserta memberikan respon yang positif dan berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. (asr/ant)